9 Material Bangunan Penting Yang Digunakan Dalam Kontruksi Rumah

Ikitoko.com - Sebelum membangun rumah paling penting untuk di perhatikan kontruksi suatu bangunan. Jenis dan bahan bangunan pun ada beragam macam. Mau tahu apa saja bahan bangunan tersebut? Dan apakah kamu sudah berencana untuk membangun rumah sendiri?

Nah, sebelum kamu membangun rumah, ada baik kamu perlu mengetahui apa saja jenis dan bahan bangunan yang diperlukan. Setiap jenis bahan bangunan memiliki fungsinya yang berbeda. Dan lantas apa saja bahan material yang penting untuk membangun rumah.

Langsung saja kita simak ulasannya sebagai berikut ini.

1. Batu Bata

Batu bata adalah bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat yang di catak kemudian di bakar hingga berubah warna menjadi kemerahan.

Material ini biasanya di gunakan untuk bagian dinding rumah dikarenakan sifatnya yang kokoh dan dapat bertahan lama. 

Namun meskipun pada saat ini banyak bahan material yang dapat di gunakan untuk membangun dinding selain batu bata,  tetapi material ini masih menjadi bahan bangunan yang sangat umum di gunakan saat membangun rumah.

2. Genting

Genting atau genteng adalah penutup atap rumah yang paling sering di gunakan. Genting sendiri terbuat dari tanah liat yang di bakar hingga berubah warna kemerahan.

Genting menjadi material alami yang masih sering di gunakan dikarenakan genting dapat membuat rumah menjadi dingin pada siang hari dan dapat bertahan lama.

3. Pasir


Pasir adalah bahan material yang alami dalam  kontruksi. Pasir biasanya di gunakan untuk campuran pada semen.

Pasir yang bagus adalah pasir yang memiliki kandungan lumpur yang sedikit, hal tersebut dikarenakan pasir yang banyak mengandung lumpur dapat menghambat ikatan semen pada pasir tersebut.

4. Kayu 

Kayu adalah bahan bangunan yang alami, kayu biasanya di gunakan untuk membuat reng penyanggah genting dan untuk membuat kusen rumah.

Kayu yang bagus di gunakan adalah kayu yang sudah kering dan memiliki permukaan yang rata. Jika kayu tersebut masih basah dapat mengakibatkan melengkung dan menjadi rentan patah.

5. Batako

Batako adalah bahan alternatif dari batu bata merah dalam pembuatan dinding rumah.

Batako terbuat dari campuran semen dan pasir, dan pembuatan relatif lebih mudah dan cepat karena tidak memerlukan proses pembakaran seperti batu bata merah.

Disisi lain batako memiliki kelemahan dan kelebihan.

Kelemahan batako adalah cepat menyerap panas dan menjadikan dinding rumah menjadi panas saat di siang hari sedangkan kelebihan batako adalah harganya yang relatif lebih murah dibandingkan bata merah.

6. Semen

Semen sendiri adalah campuran batu kapur dan tanah lempung yang banyak mengandung silika, alumunium oksida serta oksida besi. Bahan -bahan tersebut kemudian di panaskan suhu tinggi dan di haluskan sampai berbentuk campuran baru.

Semen biasa di gunakan untuk merekatkan batu fondasi, batu bata dan lainnya.

7. Batu Kali

Batu Kali adalah material alam yang berupa bongkahan bebatuan  dari sungai maupun dari pegunungan dengan ukuran yang tidak beraturan satu dengan lainnya. 

Seringnya batu kali di pakai sebagai fondasi bangunan, karena secara umum mudah di dapatkan di sungai atau pegunungan.

Oleh sebab itu fondasi batu kali selalu menjadi pilihan terbaik sebagai landasan beban dari struktur bangunan.

8. Pipa 

Pipa disini memiliki peranan penting dalam suatu kontruksi, biasanya pipa di gunakan untuk menghubungkan saluran air dan saluran pembuangan kamar mandi.

Pipa sendiri terbuat dari bahan-bahan yang tahan terhadap suhu rendah maupun suhu tinggi.

Adapun bahan-bahan tersebut meliputi.

  • Carbon Steel
  • Carbon Moly
  • Ferro Nikel
  • Stainless Stell
  • Chrome Moly dan 
  • yang paling populer, PVC.

9. Paku

Paku memang bukanlah merupakan bahan utama dalam bangunan namun paku juga memiliki fungsi untuk menghubungkan berbagai bahan bangunan. 

Demikan 9 material bangunan penting yang biasanya di gunakan dalam suatu pembangunan kontruksi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Ikitoko yang ingin membangun rumah.

Simak juga artikel menarik lainnya di  Ikitoko.com