8 Jenis Paku Berdasarkan Fungsi dan Kegunaan nya di kontruksi

Ikitoko.com - Paku merupakan logam keras yang terbuat dari baja dengan ujung yang berbentuk runcing biasa digunakan merekatkan dua bahan agar menembus keduanya. Alat yang biasa digunakan untuk menembuskan paku memakai palu atau nail gun yang digerakkan ke udara dan kemudian dipukulkan hingga menembus benda tersebut.

Paku memiliki beragam jenis tergantung peruntukannya. Jika kita salah memilih paku akan menyulitkan penggunaanya.

Jika kamu ingin memaku material kayu maka yang dapat digunakan jenis paku kayu bukan jenis paku beton. Untuk itu kamu perlu mengenal jenis-jenis paku dan peruntukannya.

Disini paku merupakan bahan bangunan yang memiliki fungsi vital. Karena paku berperan untuk merekatkan dua elemen supaya lebih kokoh, kuat dan tidak mudah lepas.

Jika kamu salah menggunakan jenis mungkin akan beresiko.

Sebagai contohnya, jika kamu menggunakan paku yang salah saat memaku tembok karena sulit untuk menebus permukaan sehingga dapat merusak tembok.

Simak jenis-jenis paku yang umum di gunakan secara lengkap pada artikel ini!

1.   Paku Kayu

Ilustrasi paku kayu

Paku kayu adalah jenis paku yang digunakan untuk merekatkan material kayu. Umumnya paku kayu biasa digunakan untuk kontruksi bangunan seperti atap, tiang, pintu dan jendela. Panjang paku kayu bervariasi mulai dari 2 cm hingga sampai 12 cm.

Paku kayu biasa juga di gunakan untuk membuat furniture seperti meja, kursi, lemari dan lainnya.

Seperti namanya paku kayu dirancang hanya untuk merekatkan material yang terbuat dari kayu.

2.    Paku Seng

Ilustrasi paku seng

Paku yang memiliki bentuk seperti payung dan batangnya memiliki ulir, ada juga batangnya yang polos. Karena bentuk paku nya yang seperti payung, paku seng biasa disebut dengan paku payung.

Paku seng biasanya digunakan untuk menyambung lembaran asbes, seng maupun fiber.

Fungsi dari kepala yang berbentuk seperti payung ini adalah untuk menahan air agar tidak merembes ke bawah. Sehingga asbes, seng tidak mengalami kebocoran ketika disambung. Panjang paku seng sendiri biasanya 7 cm hingga 10 cm.

3.  Paku Beton

Ilustrasi paku beton

Paku beton adalah jenis paku yang digunakan untuk melubangi beton yang memiliki tekstur yang lebih kuat dan kokoh. Paku beton tentu lebih kuat jika dibandingkan dengan paku kayu, mengingat bahan yang ditembus juga lebih kuat.

Paku beton memiliki 2 jenis, yaitu beton hitam dan beton putih. Untuk panjang beton hitam biasanya memiliki panjang mulai 3 cm hingga 7 cm. Sedangkan untuk beton putih biasanya memiliki pajang 3 cm hingga 12 cm.

4.   Paku Clout Head

Ilustrasi paku clout head

Paku clout head memiliki kepala yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jenis paku lainnya. Biasanya paku ini digunakan untuk sambungan kayu sebagai dowel sambungan.

Paku clout head biasa nya memiliki ukuran atau diameter 3,7 mm dan memiliki ukuran sebesar ½ inchi dan 1 inchi.

5.   Paku Tembok ( Panel Pin )

Ilustrasi paku tembok

Paku tembok atau panel pin memiliki fungsi hampir sama dengan paku beton, yaitu dipergunakan untuk melubangi tembok beton yang keras. Paku ini memiliki kepala yang menyerupai kerucut terbalik. Paku panel pin memiliki ukuran yang beragam yaitu1/2 inchi, ¼ inchi dan 1 inchi.

Paku panel pin lebih berfungsi untuk menempelkan suatu benda ke tembok seperti lukisan, foto, gantungan baju dab lain sebagainya.

6.   Paku Cacing

Ilistrasi paku cacing

Paku cacing adalah paku yang bentukannya seperti cacing, paku yang terbuat dari plat seng ini biasa di pergunakan pada papan yang akan di sambung dengan sistim laminating.

Paku cacing sendiri hanya memiliki ukuran 9 mm, 12 mm dan 15 mm.

7.   Paku Jamur

Ilustrasi paku jamur

Paku jamur sendiri sebenarnya sama seperti paku payung namun paku jamur memiliki ukuran yang lebih kecil dari paku payung.

Paku jamur biasa di pergunakan untuk merekatkan suatu kain atau benner ke permukaan kayu.

8.   Paku Pin

Ilistrasi paku pin

Paku pin adalah paku yang memiliki ukuran kecil dan kepala paku yang terbuat dari plastik dengan beragam warna. Biasanya paku pin dipergunakan untuk menempel informaai pada sofboard dan kertas.


Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis paku yang sering dipergunakan dalam kontruksi dan kehidupan masyarakat.

Simak juga artikel menarik lain nya di ikitoko.com